Surabaya - Pemprov NTB memang sedang gencar-gencar melakukan promosi ke berbagai tempat, baik dalam maupun luar negeri. Seperti yang telah dikutip oleh Bajang Media, pada tanggal 19 November lalu, Pemprov NTB menawarkan pesona keindahan Lombok dan Sumbawa di Surabaya. Acara yang bertajuk “Table Top Gathering”, NTB menghadirkan 25 pelaku wisata yang langsung bertemu langsung dengan pelaku yang ada di Jawa Timur.
Acara yang dihadiri 65 pelaku bisnis pariwisata Jawa Timur tersebut berlangsung di Novotel Hotel, Surabaya. Faozal, selaku Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya (Budpar) NTB, bangga mempresentasikan segala keindahan Lombok dan Sumbawa. Secara sederhana ia mengatakan dari puncak gunung hingga dasar lautan lengkap ada di NTB. Terbukti, tahun lalu, Lombok memenangkan World Best Halal Destination dan World Best Honeymoon Destination.
"Kita sudah diakui dunia” pungkasnya bangga.Berbagai ragam presentasi yang ditunjukkan sangat berdampak positif, hingga para pelaku wisata Jawa Timur langsung menyepakati transaksi hhingga Rp 3,2 miliar.
“Bukti bahwa pasar Jawa Timur sangat potensial,” ujarnya.Selain menikmati keindahan dan pesona Lombok Sumbawa, para pelancong juga dapat membawa cenderamata khas yang bias dibawa pulang. Mutiara, kain songket, gerabah hanya sebagian kecil dari hasil karya para seniman NTB. Selain beraneka ragam tempat wisata,
“Hanya dengan Rp 1,5 juta saja, bapak ibu sudah dapat menginap 2 hari 2 malam di Lombok, bahkan sudah termasuk harga tiket,” ujarnya berpromosi.H. Arifudinsyah, Ketua Association of the Indonesian Tours and Travels Agencies (ASITA) Jawa Timur bahkan iri dengan pertumbuhan NTB yang merupakan tertinggi nasional, karena selain potensi yang ada, NTB juga aktif melakukan promosi.
“Kami bahkan iri dengan kehebatan NTB berpromos,” ujarnya.NTB memang ladangnya para pelaku bisnis pariwisata, semua sudah lengkap disana.
“Murah, alamnya bagus, budaya yang beragam, oleh-oleh dan kulinernya juga lengkap dan beragam,” terus pria yang juga menjabat di Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPBD) Jawa Timur tersebut.Bahkan bukan hanya promosi dalam ruangan, Minggu (20/11) bertempat di Taman Bungkul, saat acara CFD, dilakukan Parade Budaya masyarakat NTB. Dengan adanya kegiatan tersebut, dapat menghipnotis warga Surabaya yang sedang berolahraga. Semua sangat antusias menyaksikan beragam keunikan tradisi Lombok Sumbawa. Bukan hanya itu, kegiatan berlanjut lagi dalam acara pameran di Jawa Timur Expo, delapan stand NTB sesak dikunjungi para pengunjung yang berebut membeli aneka kerajinan khas daerah ini.
Sumber:
Lombok Post
0 comments:
Post a Comment